Tingkatkan Promosi Pariwisata, Kementerian Pariwisata Lakukan Bimtek Dengan Para Komunitas Pariwisata Di Sumatera Selatan

Pariwisata

Selasarsumsel.id, Palembang – Bertempat di hall room santika hotel Jalan Radial Palembang (Kamis, 12/04/2018) Kementerian Pariwisata melakukan bimbingan tekhnis (bimtek) dengan para stakeholder pariwisata di Sumatera Selatan. Adapun beberapa komunitas pariwisata yang hadir diantaranya, GenPI Sumsel (Generasi Pesona Indonesia), kalangan Asosiasi Indonesia Tour and Travel (DPD ASITA SUMSEL), serta komunitas pariwisata terkait lainnya.

Dalam sambutan awal yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, melalui Dr. Heri Hermawan, menyampaikan bahwa sesungguhnya bimtek ini bertujuan tak lain ialah agar dapat meningkatkan sinergitas antar stakeholder pariwisata, yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bimtek yang dilakukan ini bertujuan tidak lain ialah agar dapat meningkatkan kesinergian dan membangun kesamaan pemahaman diantara stakeholder pariwisata di daerah dalam membangun pariwisata di daerah, yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu pembicara, Ir. Sri Meliyana, yang merupakan anggota Komisi X DPR RI daerah pemilihan Sumsel II, yang menginginkan agar pelaksanaan ini agar memang betul – betul dapat bermanfaat secara konkrit bagi para stakeholder pariwisata, jangan hanya sekedar pertemuan biasa. Ia pun juga menegaskan bahwa tugas Palembang, Sumatera Selatan sebagai tuan rumah asian games harus didorong dengan peningkatan kapasitas pariwisata di semua sektor, khususnya melalui komunitas digital seperti tren masa kini.

“Tentunya bimtek ini harus dapat dirasakan betul manfaatnya oleh para stakeholder parisiwata, khususnya di sumatera selatan. Berbicara meningkatkan kapasitas promosi pariwisata seperti tema acara ini memang harus dikembalikan lagi kepada para stakeholder pariwisata itu sendiri, agar ada support yang real dari pihak terkait untuk memajukan, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas dari para komunitas pariwisata. Menjelang asian games yang tidak lama lagi, palembang sebagai salah satu tuan ruah memang harus diberikan prioritas lebih guna memajukan sektor pariwisata nantinya” ujarnya.

Dalam kegiatan Bimtek yang dibuka langsung oleh kepala dinas kebudayaan dan pariwisata, Irene Camelyn Sinaga, diisi dengan pemaparan secara komprehensif dalam 2 (dua) session oleh para narasumber, yakni Ir. Sri Meliyana dari Komisi X DPR RI dan Dr. Zulkifli Harahap yang merupakan direktur poltekpar palembang. (ICAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *