Terbaru! KIP Rilis 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik, Unsri Satu-Satunya Dari Sumatera yang Masuk Peringkat…

Berita Nasional

Palembang, selasarsumsel.id – Universitas Sriwijaya kembali mebuat bangga warga sumatera selatan setelah berhasil menjadi 10 PTN terbaik dalam hal keterbukaan informasi publik. Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Sedangkan penganugerahan gelar diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12).

Dalam proses pemeringkatan tersebut, KIP melakukan seleksi kelayakan terhadap PTN yang ada di negeri ini. Dari keseluruhan PTN, hanya 10 PTN yang lolos untuk dilakukan penilaian lanjutan sekaligus visitasi lapangan. Kesepuluh PTN tersebut lalu dilakukan pemeringkatan untuk menentukan kampus mana yang terbaik dalam hal pengelolaan informasi public

Ada empat poin yang dinilai, yakni, mengumumkan informasi publik, menyediakan informasi publik, pelayanan permohonan informasi publik, dan pengelolaan informasi dan dokumentasi. Badan Publik juga wajib mengikuti alur kegiatan penilaian yang ditetapkan oleh KIP.

Unsri ternyata menjadi satu-satunya Universitas dari Sumatera yang mampu  menembus 10 besar ini. Mayoritas dari 10 besar ini memang didominasi dari kampus-kamppus Jawa, ada 8 kampus dari pulau jawa dan hanya Uniersitas Lambung Mangkurat bersama Unsri yang dari Luar jawa. Namun dengan kerja jamaah yang digalakkan oleh rektor Unsri yaitu Prof Dr Ir H Anis saggaff MSCE, Unsri mampu mebuktikan bahwa prestasi itu dapat dicapai.

Prof Dr Ir H Anis saggaff MSCE Menerima penghargaan (source : Unsri.ac.id)

Prof Dr Ir H Anis saggaff MSCE Menerima penghargaan berupa piagam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2017 yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) bertempat di Istana Wakil Presiden RI, Kamis (21/12/2017). Dan berikut 10 nama PTN secara lengkap yang masuk kedalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2017 :

  1. Universitas Brawjaya,
  2. Universitas Indonesia,
  3. Institut Pertanian Bogor,
  4. Universitas Negeri Malang,
  5. Universitas Padjadjaran,
  6. Universitas Gadjah Mada,
  7. Universitas Lambung Mangkurat,
  8. Universitas Negeri Yogyakarta,
  9. Institut Teknologi Bandung, dan
  10. Universitas Sriwijaya

Keterbukaan informasi public menjadi sesuatu hal yang penting, karena kebutuhan masyarakat akan informasi, pelayanan permohonan informasi publik, hal-hal yang berkenaan dengan transparansi informasi public diranah pendidikan tinggi semakin tinggi menyusul semakin tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *