Survey Terbaru, Elektabilitas Perindo Salip PKS

Berita Nasional Politik

Jakarta, selasarsumsel.id – Cyrus Network telah merilis hasil surveinya mengenai tingkat elektabilitas partai politik yang akan berlaga dalam pemilihan umum 2019 mendatang.

Survei dilakukan pada 27-3 April 2018. Survei ini melibatkan 1.239 responden dari 123 desa/kelurahan di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Tingkat keyakinan survei sebesar 95% dengan margin of error sebesar 3%.

“Survei ini juga menemukan bahwa publik mempersepsikan PDIP dan Jokowi sangat identik. Dengan begitu, PDIP memetik keuntungan elektoral terbesar dari persepsi ini. Hanya PDIP yang mendapatkan limpahan luar biasa ini, yaitu sebesar 27%. Sedangkan Partai Golkar hanya mendapat 11,5%,” kata Eko.
Dalam hasil survey-nya, Posisi tiga besar diisi oleh PDIP dengan 27% suara, Golkar berada di posisi kedua dengan 11,5%, sementara itu diposisi ketiga ada Gerindra dengan elektabilitas yang sama dengan Golkar yaitu 11,5%.

Sementara itu PKB, Demokrat dan PPP mengisi poisi selanjutnya. Posisi ini tentu semakin mengokohkan posisi koalisi Jokowi yang sejauh ini masih solid simana PKB, PPP dan Golkar tetap berada dibarisan Jokowi.

Hasil gambar untuk cyrus network elektabilitas partai
pemaparan hasil survey oleh Cyrus network (source : okezone.com)

PKS sebagai pemain lama justru tersalip oleh pendatang baru yaitu Perindo. Perindo berada diurutan ke-7 tepat dibawah PPP dengan elektabilitas 4,3%, sedangkan PKS berada dibawah Perindo dengan 3,5%.

Namun tidak semua partai yang mendompleng nama Jokowi dalam setiap aktifitasnya berujung positif. PSI dan Nasdem misalnya yang telah mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presiden yang mereka usung justru terpuruk dalam survey ini.

“Beberapa partai pengusung Jokowi pun malah berada pada titik rawan atau terancam tak lolos parliamentary trreshold sama sekali, seperti NasDem (3,3%), Hanura (1%), dan PSI (0,3%),” kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Alfianto dalam keterangan pers hasil survei dari Cyrus Network, yang dirilis pada Kamis (18/4/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *