Sri Meliyana : Peringatan Hari Guru Harus Dijadikan Titik Tolak Untuk Meningkatkan Kualitas, Kapasitas dan Profesionalisme Guru

Berita Daerah Berita Nasional

Jakarta, selasarsumsel.id – Peringatan hari guru yang diperingati setiap tanggal 25 November, tentu akan memiliki banyak dimensi berbeda sesuai dengan sudut pandang melihatnya. Namun, dimensi yang mengemuka tidak akan jauh dari persoalan klasik selama ini muncul, yang diantaranya menyangkut perihal aspek peningkatan kesejahteraan guru, manajemen pengelolaan guru, peningkatan karier, akses dan akuntabilitas para guru, dan banyak persoalan klasik lainnya. Dari berbagai persoalan tersebut, salah satu aspek krusial yang saat ini cukup menjadi perhatian ialah terkait dengan peningkatan Kualitas, Kapasitas dan Profesionalisme Guru.

Hal inilah yang menjadi salah satu perhatian dari Ir. Sri Meliyana, Anggota Komisi X  DPR RI Fraksi Gerindra Asal Daerah Pemilihan Sumatera Selatan II, yang secara lebih lanjut juga mengharapkan agar melalui peringatan hari guru kali ini, para guru secara inisiatif dan proaktif meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri agar dapat mengikuti tuntutan dan kemajuan zaman.

“Selamat hari guru, semoga melalui peringatan hari guru kali ini dapat dijadikan titik tolak untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri (para guru) dalam usaha guna mencerdasakan kehidupan bangsa dan menjadikan para peserta didik menjadi SDM yang unggul, berkarakter, berbudaya serta berdaya saing (kompetitif)” ujar Meli sapaan akrabnya ketika dihubungi awak media pada Minggu (25/11/2018).

Kemudian, Ia juga menambahkan bahwasannya persoalan kompetensi guru, yang terkait dengan dengan kualitas (mutu) dan profesionalisme guru merupakan salah satu pekerjaan rumah yang tidak dapat dipandang sebelah mata oleh semua stakeholder pendidikan saat ini. Menurutnya salah satu indikator untuk mengejar ketertinggalan sektor pendidikan, mau tidak mau persoalan kualitas dan kapasitas dari seorang guru harus selalu ditingkatkan dan menjadi prasyarat mutlak.

“Tentu, persoalan kompetensi guru masih menjadi salah satu perhatian utama hari ini. Tantangan yang semakin berat tentu harus pula diikuti dengan peningkatan profesionalisme guru. Tanpa menafihkan aspek kesejahteraan guru, namun mau tidak mau saat ini guru yang profesional, yang memiliki kualitas dan kapasitas yang kompetitif dan berwawasan global mutlak diperlukan” pungkasya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *