Pengumuman Kelulusan pada 17 April , Ini Jumlah Pendaftar SNMPTN Tahun 2018

Berita Nasional

Selasarsumsel.id – Bagi yang telah mendaftarkan adik, anak atau saudaranya untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur seleksi nilai rapor atau yang biasa disebut SNMPTN, Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah mengumumkan jumlah total pendaftar SNMPTN pada tahun ini.

Ketua pelaksana Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Ravik Karsidi menuturkan, jumlah pendaftar yang melakukan finalisasi hanya separuh dari total pendaftar yang sebanyak 1.033.320 siswa. Menurut dia, siswa yang tak melakukan finalisasi dipastikan tak memiliki kesempatan untuk diterima melalui jalur SNMPTN.

Hasil gambar untuk ravik karsidi
Ravik Karsidi, Ketua Pelaksana SNMPTN 20I8 ( source : pasca.uns.ac.id)

Berdasarkan data dari Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN 2018, jumlah pendaftar yang melakukan finalisasi pada tahun ini sebanyak 590.830 siswa, sedangkan pada tahun lalu sebanyak 517.415 siswa.

Sedangkan untuk siswa Bidikmisi, pada tahun ini juga mengalami peningkatan, yakni mencapai sebanyak 144.099 siswa. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 12.449 siswa dari tahun lalu.

Ravik karsidi, Ketupel SNMPTN tahun ini yang juga menjabat sebagai Rekotr Universitas Sebelas Maret ini menjelaskan bahwa panitia tidak akan menambah waktu batas pendaftaran lagi. ”Kami juga memastikan bahwa tidak ada penambahan waktu untuk SNMPTN,” ujarnya.

SNMPTN merupakan program seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan nilai rapor. Pengisian dan verifikasi pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk proses seleksi berlangsung 13 Januari hingga 10 Februari 2018.

Pendaftaran SNMPTN berlangsung sejak 21 Februari hingga 6 Maret 2018 dan pengumumannya akan disampaikan 17 April 2018. (BA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *