Padang Sidimpuan Gelar Aksi Solidaritas Palestina

Berita Nasional
500 Massa aksi yang melakukan longmarch

Palembang, selasarsumsel.id – Reaksi kemarahan umat muslim tentang klaim sepihak Amerika Serikat terhadap Yerusalem sebagai Ibu kota Israel  ternyata tidak hanya bergejolak di kota – kota besar Indonesia saja. Setelah aksi di Palembang pada Jumat (05/12) yang lalu, Padang Sidimpuan menyusul dengan aksi solidaritas yang sama untuk menyuarakan kemarahan umat muslim khususnya di Sumatera Utara.

Aksi solidaritas ini diawali dengan longmarch dari masjid raya Padang Sidimpuan menuju alun-alun kota  yang kemudian menjadi titik aksi. Aksi berjalan tertib dengan penyampaian orasi-orasi kecaman terhadap kebijakan Amerika Serikat. Ustadz Khoiruddin Rambe S. Sos selaku tokoh ulama dan tokoh masyarakat Padang Sidimpuan menyampaikan kekecewaanya terhadap kedzholiman yang dilakukan Amerika dan mengajak seluruh warga padang Sidimpuan untuk bersama mendoakan saudara-saudara muslim yang ada dipalestina.

orasi oleh beberapa tokoh agama Padang Sidimpuan

Abdul Hamid Harahap sebagai koordinasi Aksi menyampaikan bahwa Aksi yang dibarengi dengan penggalangan dana ini di latarbelakangi  atas kemarahan umat islam khususnya yang berada di Padang Sidimpuan terhadap kebijakan Donald Trump.

Aksi ini sebagai bentuk kemarahan umat islam seluruh dunia, khususnya umat islam padang sidimpuan atas deklarasi sepihak donal trump Jerussalem Ibukota Israel. Dan sebagai bentuk dukungan kepada Palestina untuk menambah spirit umat islam di Palestina, dan memberi dukungan juga bahwa Palestina tdk sendiri “ Jelasnya ketika diwawancarai oleh tim Selasarsumsel.id terkait latar belakang dilaksanakanya Aksi.

Aksi yang dihadiri oleh kurang lebih 500 massa ini diselingi juga dengan Puisi yang dibacakan oleh Riskianda dan Novia Anis. Massa aksi juga melaksankan Sholat Ashar berjamaah yang dilanjutkan sholat gaib. Aksi ditutup dengan doa bersama dan pembacaan pernyataannya sikap oleh koordinator aksi Abdul Hamid Harahap. Aksi yang dimulai setelah sholat Jumat itu ditutup pada pukul 17.30 Wib dan massa bubar dengan tertib.

Penggalangan dana yang dilakukan selama dua hari menjelang aksi berlangsung telah menghasilkan dana kemanusiaan sebesar RP. 15.098.000. Dana tersebut akan disalurkan kepada saudara-saudara muslim yang ada di Palestina melalui lembaga kemanusiaan Gerak Indonesia yang dalam beberapa minggu ini telah bergerak aktif  mengakomodir penggalangan dana didaerah-daerah yang ada di Sumatera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *