Menristekdikti RI Resmikan SNMPTN dan SBMPTN 2018

Anak Muda Berita Nasional

Selasarsumsel.id, Jakarta- Peluncuran sekaligus peresmian program SBMPTN dan SNMPTN 2018 telah dilakuakan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan TInggi , Mohammad Nasir pada hari Jum’at, 12 Januari 2018. Peresmian ini sendiri dilakukan di  Auditorium Utama Kemenristekdikti dengan dihadiri para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, para Rektor PTN seluruh Indonesia, serta Wakil dari beberapa Sekolah SMA/SMK/MA .

Didampingi dengan beberapa jajaran dari Kemenristekdikti, Mohammad Nasir melakuakan penekanan tombol untuk menandai bahwa  program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 telah di luncurkan secara resmi.

Konferensi Pers peluncuran dan peresmian SNMPTN dan SBMPTN 2018 (source : belmawa.ristekdikti.go.id)

Merujuk dari informasi yang didapat dari laman resmi belmawa.ristekdikti.go.id, alokasi daya tampung perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia harus memenuhi pembagian kuota  pada setiap program studi PTN untuk ketiga jalur tersebut dengan distribusi SNMPTN paling sedikit 30%; SBMPTN paling sedikit 30%; dan Seleksi Mandiri paling banyak 30%.

Jalur masuk seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau biasa disingkat SNMPTN, pada tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan mekanisme penelusuran prestasi dan portofolio akademik dengan persyaratan sekolah untuk SMA/SMK/MA dapat mendaftarkan siswanya sebagai berikut :

  • Akreditasi A : 50 % terbaik di sekolahnya;
  • Akerditasi B : 30 % terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi C : 10% terbaik di sekolahnya;
  • Akreditasi lainnya : 5% terbaik di sekolahnya

Selain SNMPTN, mekanisme kedua ya itu melalui jalur tes atau jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan bagi  para calon mahasiswa yang ingin melakukan pendaftaran SBMPTN, bisa dilakukan secara online dengan mengikuti tata cara yang ada di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. (BA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *