Mengkhawatirkan, Gunung Sinabung Erupsi Lagi

Berita Nasional

Palembang, selasarsumsel.id – Sinabung mengalami erupsi kembali  pada Rabu (27/12/2017) pukul 15.36 WIB. Setelah terakhir kali pada 21 Mei 2016 sinabung meletus dan menghasilkan awan panas. Awan tersebut menyelimuti Desa Gember, Kecamatan Simpang, Kabupaten Karo. Akibatnya tujuh orang meninggal dunia dan dua warga alami luka bakar pada saat itu.

Sebelumnya pada September 2013, Gunung Sinabung meletus hebat setelah sebelumnya pada  tahun 2010 terjadi hal serupa. Letusan pada tahun itu kemudian diikuti letusan-letusan lain  Padahal sebelum 2010, Sinabung merupakan gunung aktif tipe B, yang dalam kurun waktu ratusan tahun, tak pernah meletus.

Hasil gambar untuk letusan gunung sinabung 2010
Letusan Sinabung pada 2010 ( Source : soloraya.com )

Dilansir dari news.detik.com, Petugas Pos Pengamat Gunung Sinabung, M Nurul Asrori mengatakan bahwa sinabung kembali erupsi pada Rabu (27/12/2107).

“Erupsi, tinggi kolom abu tertutup kabut,” kata Asrori saat dimintai konfirmasi.

Ia menerangkan awan panas guguran pertama meluncur sejauh 3.500 meter ke tenggara-timur. Kemudian, awan panas guguran meluncur sejauh 4.600 ke arah selatan-tenggara.

“Aktivitas masih tinggi. Status (Gunung Sinabung) masih awas,” jelas Asrori.

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo menginformasikan bahwa awan panas Pos Pengamatan Gunung Sinabung PVMBG melaporkan letusan disertai awan panas guguran dengan jarak luncur 3.500 meter ke arah tenggara-timur dan 4.600 meter ke arah selatan-tenggara. Angin bertiup ke arah timur-tenggara.

Gambar terkait
Kondisi Sinabung terkini ( Source : republika.co.id )

Warga dihimbau untuk menjaga jarak aman dengan Sinabung dan tetap selalu waspda. Asrori juga menghimbau agar masyarakat yang terdampak abu vulkanik selalu memakai masker. Jika hujan, masyarakat juga diminta tidak beraktivitas di jalur Sungai Lau Borus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *