Kaledioskop 2017 : 5 Moment Krusial Sepanjang Tahun 2017

Berita Nasional Opini

Selasarsumsel.id – Memasuki pergantian tahun, banyak moment penting yang terjadi sepanjang tahun 2017, peristiwa tersebut tentu sangat banyak mencuri perhatian dan menghiasi pemberitaan. Beberapa moment tersebut tentu tidak begitu saja dapat terlupakan sebab peristiwa tersebut mengandung arti dan makna yang sangat krusial dan kontroversial, tidak hanya itu saja beberapa peristiwa tersebut juga cukup familiar dan populer, baik dalam lingkup nasional, regional maupun internasional. Redaksi selasarsumsel.id merangkum setidaknya terdapat 5 (lima) moment krusial dan fenomenal yang terjadi di tahun 2017 :

  1. Terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat
Trump, Presiden AS

Moment kemenangan Donald Trump yang dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari 2017 sangatlah mengejutkan dunia.

Betapa tidak masyarakat internasional tentu tidak dapat begitu saja melupakan berbagai pernyataaan kontroversial yang sering dilontarkan oleh Donald Trump sedari awal menjadi calon Presiden dari Partai Republik pada pemilu AS yang lalu.

Pria 71 tahun yang menjadi Presiden AS setelah mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilu AS berlangsung di akhir  tahun 2016 yang lalu, memang sangatlah identik dengan segala hal yang kontroversi, bahkan dapat dilihat kebijakan yang diterapkan ketika menjadi Presiden AS saat ini juga tidak luput dari kontroversi. Terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat merupakan moment krusial yang terjadi di awal tahun 2017.

  1. Pilkada DKI Jakarta

Beralih ke isu dalam negeri yang terkait dengan pelaksanaan pilkada serentak pada tahun 2017, di mana salah satunya juga berlangsung di DKI Jakarta.  Memang,  sudah  menjadi  tradisi  dan  lazim  terjadi pada  waktu sebelumnya ketika pilkada DKI berlangsung, aroma kompetisi dan atmosfer pertarungan dalam bidang politik praktis berlangsung sangat tajam dan sengit, dibandingkan dengan pelaksanaan pilkada di provinsi lainnya di Indonesia.

Namun, kali ini yang menjadi pembeda takkala muncul seorang calon Gubernur dengan latar belakang yang cukup tegas dan kontroversi, serta menjadi tersangka atas dugaan perkara penistaan agama. Kasus penistaan agama tersebut, juga menimbulkan gejolak yang memobilisasi massa yang cukup besar dalam jumlah yang tidak dapat dihitung secara kasar mata. Akhirnya, tidak dapat diungkiri pilkada DKI berlangsung dalam aroma SARA yang cukup ‘membara’ serta provokasi dan ujaran kebencian di dunia maya yang ‘merajarela’.

  1. Korupsi E-KTP

Perkara kasus korupsi E-KTP yang diduga merugikan negara hingga triliunan rupiah serta melibatkan para pejabat tinggi negara, merupakan salah satu perkara korupsi yang cukup menyita perhatian semua pihak. Tidak hanya itu saja, kronologis serta perjalanan panjang perkara korupsi E-KTP tersebut juga sangat banyak dihiasi drama dan kontroversi.

>> Baca juga : Kepala Daerah yang ditangkap KPK Sepanjang 2017

Tentunya, publik masih sangat mengharapkan KPK dapat membuka kembali pengembangan perkara kasus E-KTP yang tidak hanya berhenti pada segelintir orang saja, namun memang harus menyasar kepada pelaku utama dari proyek E-KTP yang bernilai triliunan rupiah tersebut. Menarik untuk dilihat nanti siapa lagi yang akan menjadi tersangka dan patut ditunggu cerita yang akan tersaji selanjutnya.

  1. Kedatangan Raja Salman ke Indonesia

Setelah lama menanti, akhirnya Indonesia kembali menyambut kedatangan Raja Salman dan rombongan dari Arab Saudi di tanah air. Kedatangan tamu istimewa  dari  timur  tengah  pada  bulan maret di tahun  2017  tersebut, berlangsung dalam rangka meningkatkan kerjasama bilateral sekaligus berlibur di pulau dewata Bali.

Tidak dapat dipungkiri, kedatangan Raja Salman dan rombongan ke Indoensia sangat menyita perhatian, bahkan jauh-jauh hari sebelum kedatangan, tuan rumah Indonesia sangat serius mempersiapkan segala sesuatunya. Peristiwa atau moment ini tidak luput dari pemberitaan sedikitpun, bahkan dapat dinilai sebagai salah satu moment yang paling banyak mendapat sorotan media sepanjang tahun 2017.

  1. Krisis Rohingnya

Kembali ke dalam isu regional yang terjadi di Myanmar (Asia Tenggara), krisis kemanusiaan rohingnya menjadi salah satu peristiwa penting yang mendapat sorotan serta menjadi isu krusial selama tahun 2017. Krisis kemanusiaan ini diawali oleh serangkaian tindakan pemerintah dan warga myanmar yang melakukan pembersihan etnis dan mengusir warga rohingnya. Pada akhirnya penduduk rohingnya melakukan eksodus besar-besaran ke Bangladesh setelah terjadi konflik dengan tentara Myanmar. (*rc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *