Inilah 5 Cagub Terkuat Sumsel Dari Berbagai Hasil Survei

Politik
Hasil gambar untuk pilkada sumsel
source : politiktoday.com

Palembang, selasarsumsel.id – Pilkada sumsel yang akan dilaksanakan tahun depan nyatanya telah memanas sejak tahun 2017 ini. Banyak nama yang kemudian bermunculan yang dianggap mampu menjadi penerus estafet kepemimpinan provinsi  tuan rumah Asean Games 2018 mendatang. Dari banyaknya nama yang muncul masyarakat masih menunggu siapa kemudian yang serius untuk maju mencalonkan diri sebagai penerus Alex Noerdin yang telah menjabat selama dua periode terakhir.

Banyak lembaga survey yang telah melakukan survei untuk mengetahui nama-nama yang dianggap mampu menjawab keinginan masyarakat sumatera selatan. Nama wakil gubernur Ishak Mekki sampai nama anak dari Gubernur yang sekarang, Dodi Reza Alex Noerdin digadang-gadang menjadi nama-nama yang masuk dalam lingkaran 5 besar.

Beberapa lembaga survey yang telah melakukan survey terkait elektabilitas dan persepsi masyarakat diantaranya Ipol, Indomatrik  dan Stratakindo Research and Consulting.

Source : lenterapendidikan.com

IPOL yang telah melakukan survey  pada 10-20 Oktober 2017, di 17 kabupaten/kota dengan sampel 800 responden, menyampaikan bahwa Herman Deru disebut tinggi dalam hasil survei dan menjadi keinginan masyarakat karena lebih sering turun langsung ke masyarakat yang memiliki hak pilih, berikut  5 besar hasil survey IPOL :

  1. Herman Deru 15 %
  2. Dodi Reza Alex 13,37 %
  3. Ishak Mekki 11,09 %
  4. Aswari Rivai 7,65 %
  5. Syahrial Oesman 4,45 %
  6. Giri 3,237 %

Dilansir dari rmolsumsel.com, Indomatrik menyampaikan hasil surveinya bahwa Herman Deru, Ishak  Mekki dan Dodi berada dilingkaran 3 besar hasil survey mereka seperti yang disampaikan Direktur Lembaga Survei Indomatrik, Husin Y saat merilis hasil survei Indomatrik terhadap pelaksanaan Pilgub Sumsel 2018, Minggu (22/10).

Urutan 3 Besar Versi Indometrik dalam surveinya yang dilakukan pada 3-10 Oktober 2017 lalu adalah Herman Deru memimpin dengan 17,24 persen, disusul Dodi Reza 15,75 persen dan Ishak Mekki yang elektabilitasnya 14,16 persen.

Sementara itu, dilansir dari detiksumsel.com, Stratakindo Research and Consulting mneyampaikan hasil sedikit berbeda dengan masuknya nama Syahrial Oesman diurutan atas hasil survey. Berikut hasil survey  Stratakindo Research and Consulting yang dilaksanakan pada 5 – 10 September 2017 dan menempatkan Syahrial Oesman berada di angka 21,7 persen disusul Herman Deru   angka 19,2 persen diikuti Dodi Reza Alex 14,6 persen, , Ishak Mekki 12,2 persen kemudian Aswari Riva’i 6,3 persen.

Hasil survei stratakindo ( Source :jawapos.com )

Dari hasil survey tiga lembaga survey diatas nama-nama yang selalu muncul dalam lingkaran 5 besar meskipun urutanya berbeda-beda adalah Herman Deru, Dodi Reza Alex, Ishak Mekki, Aswari Rivai, Syahrial Oesman. Hasil survey tersebut tentu menjadi salah satu rujukan masyarakat dan partai-partai politik dalam melabuhkan dukungan mereka.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *