Hadir Dalam Diskusi 20 Tahun Reformasi, Dekan FMIPA Unsri Beri Apresiasi dan Buka Ruang Diskusi

Berita Daerah Mahasiswa

Selasarsumsel.id, Indralaya – 21 Mei 1998 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi peradaban bangsa Indonesia, karena kekuasaan orde baru yang telah bertahan selama 30 tahun lebih dapat ditumbangkan dengan kekuatan rakyat. Sejarah itulah yang kemudian diperingati rakyat sebagai hari reformasi yang jatuh pada 21 Mei.

21 Mei 2018 ini merupakan 20 tahun reformasi berlalu, menjadi sebuah momentum bagi rakyat indonesiaa untuk mengambil pelajaran dari jatuhnya pemerintahan Soeharto kala itu. Mahasiswa selalu punya cara tersendiri dalam menunjukan kepedulianya kepada bangsa ini, termasuk dalam memperingati hari refromasi.

BEM FMIPA Unsri menggelar diskusi terbuka yang dilaksanakan pada hari Rabu kemarin (14/03/18). Muhammad Gulam Zakia selaku kepala Dinas Kajian Strategis BEM FMIPA sekaligus penaggung jawab diskusi terbuka ini menyatakan bahwa diskusi terbuka ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat kampus akan kondisi Indonesia saat ini,

“ Harapannya pasca diskusi terbuka ini, mahasiswa fmipa dapat mengetahui dan sadar akan masalah yang tengah terjadi di Indonesia saat ini. Sehingga segala bentuk solusi konkrit pasca diskusi ini mahasiswa mipa dapat membersamainya dan semoga kedepannya diskusi seperti ini dapat terus berlangsung dengan massa yang lebih banyak dan lebih responsif “ Ungkapnya.

Dekan Fakultas MIPA Unsri yang dikenal dekat dengan mahasiswa turut hadir dalam diskusi yang diselenggarakan diluar ruangan dan non formal itu. Dalam Diskusi tersebut Prof. Dr, Ishaq Iskandar. M.Sc memberi masukan kepada mahasiswa agar dalam setiap kajian dan diskusi baiknya menyertakan data yang konkrit dan objektif.

“Mari kita lebih teliti dalam mengkritisi segala kebijakan kebijakan yang ada, berdasarkan data data yang konkrit. Dan hasil dari diskusi terbuka ini baiknya disebarkan agar seluruh mahasiswa fmipa mengetahuinya “ Prof. Ishaq memberikan nasehat.

Dekan yang merupakan lulusan Tokyo, Jepang ini juga menambahkan bahwa ia akan selalu mendukung kegiatan mahasiswa selama hal itu positif.

“Insya Allah saya akan selalu bersama Mahasiswa, dan silahkan hasil diskusi ini jika ingin dibicarakan dengan saya, saya insya Allah ada diruangan. Dan jikalaupun ke depan akan ada aksi atau kegiatan diluar Inderalaya yang butuh pengawalan dari kepolisian mari didiskusikan dengan saya untuk kita komunikasikan dengan aparat kepolisian tentang prosedurnya agar dapat berjalan dengan lancar” Imbuhnya ditengah-tengah diskusi.

Ketika dihubungi oleh selasarsumel.id melalui akun Whatsapp, Dekan FMIPA ini menyampaiakn bahwa kehadiranya dalam diskusi terbuka ini  dalam kapasitas sebagai dekan dan bukan narasumber diskusi.

Saya hadir dan diundang dalam kapasitas saya  sebagai Dekan yang menyediakan ruang untuk pembelajaran demokrasi sekaligus membuka ruang yang seluas luasnya untuk proses pembentukan karakter mahasiswa yang tangguh dan unggul. Jadi saya tidak memberi komentar sama sekali tentang substansi dan tema diskusi karena bukan bidang saya “ jelasnya melalui pesn Whatsapp.

Diskusi terbuka peringati 20 tahun reformasi (doc, selasarsumsel.id)

Budi Siregar, selaku gubernur Mahasiswa FMIPA saat ditemui secaa terpisah oleh selasarsumsel.id menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam diskuisi ini ialah  20 tahun reformasi.

“ Tema yang diangkat ialah menuju 20 tahun reformasi  Karena 69 hari lagi kita akan memperingati hari reformasi ” jelasnya. (BA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *