Guatemala, Negara Miskin Yang Berani Ingkari Hasil Voting PBB

Berita Internasional

Sidang umum Majelis PBB dalam votingnya untuk menentukan posisi dan kedudukan Yerussalem telah mendapatkan keputusan melalui suara mayoritas.  128 negara telah menyatakan menolak pernyataan Presiden AS Donald Trump tentang pendeklarasian Yerussalem sebagai Ibukota Israel.

Hanya ada beberapa gelintir Negara saja yang memilih untuk berada dipihak Amerika dan Israel. Dan itupun bukan murni karena sikap politik yang didasari pada kesadaran dan kemandirian sikap dari Negara-negara tersebut.

Jimmu morales
Presdien Guatemala dan Presiden Israel Bersahabat baik (source : bbc.com)

Salah satunya adalah Guatemela yang dengan tegas tetap mengakui Yerussalem sebagai ibu kota Israel. Guatemala, menjadi satu dari sedikit negara yang menyetujui klaim Amerika Serikat, soal Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Guatemala pun menegaskan keputusan itu, setelah Presiden mereka, Jimmy Morales mengeluarkan perintah untuk memindahkan kedutaan negaranya di Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Bersama AS dan delapan negara lainnya, Guatemala juga menentang resolusi PBB yang menolak pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ternyata sikap politik Guatemala ini karena Amerika serikat merupakan Negara penyumbang dana terbesar bagi negaranya. Guatemala merupakan Negara miskin diwilayah Amerika tengah sehingga sangat bergantung dengan bantuan tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebelum voting dilakukan, Donald trump sempat menyampaikan ancaman kepada Negara yang mengingkari keinginan USA dalam voting PBB. Mungkin ancaman itulah yang membuat Guatemala dan beberapa Negara lainnya ‘terpaksa’ menjadi pengikut setia Amerika dan Israel.

Semoga Indonesia bisa belajar dari Guatemala untuk tidak menjadi lemah dan tunduk dengan negara manapun dudunia ini diawali dari kemapanan ekonomi. Turki menjadi negara dengan sikap dan kebijakan luar negeri yang sangat berani menentang Amerika dan Israel, ternyata Turki merupakan negara dengan Ekonomi terkuat 16 didunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *