Diwarnai Tindakan Tidak Beretika dari Oknum peserta, DPM KM Fisip Unsri bubarkan FLMFS

Mahasiswa

Inderalaya, selasarsumsel.id – Kegiatan forum legislatif mahasiswa fisip se-Sumatera (FLMFS) telah dilaksanakan sejak Rabu 11 April 2018. FLMFS kali ini dilaksanakan dikompleks perkantoran Ogan Ilir Sumatera Selatan.

Universitas Sriwijaya menjadi tuan rumah melalui DPM KM Fisip unsri yang juga tergabung dalam forum legislatif mahasiswa fisip se-Sumatera (FLMFS) ini.

Pelaksanaan agenda sejak hari pertama dinilai banyak memiliki catatan-catatan yang kurang baik. Pada klimaksnya adalah ketika sidang  musyawarah FLMFS dilakukan, ada insiden yang tidak mencerminkan sama sekali tata prilaku mahasiswa.

Berikut kronologis dan pernyataan sikap yang selasarsumsel.id,  dapatkan bersumber dari rilis resmi panitia pelaksana Forum legislative Mahasiswa Fisip Se-sumatera.

DPM KM FISIP Unsrimemutuskan untuk membubarkan sidang yang tidak kondusif lagi (Dok,selasarsumsel.id)

Kronologis

Hari pertama : Rabu 11 April 2018

Diawali dengan kedatangan beberapa delegasi yang tidak melengkapi persyaratan registrasi peserta.

Peserta keluar malam diluar batas waktu yang telah ditentukan panitia.

Terdapat salah satu delegasi laki-laki melakukan tindakan yang tidak sopan terhadap lo dan panitia (perempuan)

Hari kedua : Kamis, 12 April 2018

Terdapat beberapa delegasi yang meninggalkan acara seminar nasional tanpa seizin LO dan panitia.

Hari ketiga :    Jum’at, 13 April 2018

Pada acara sidang musyawarah flmfs, masuk pada tahap pembahasan tatib sidang, kemudian delegasi dari USU yang bernama Guntur Kustia Rangga mengajukan opsi bahwa peserta sidang bebas merokok di dalam ruangan sidang.

Delegasi yang berasal dari Unsyiah Kuala yang bernama Teuku Muhammad Razeki  menambahkan opsi boleh tertidur diruangan sidang dan berkata “merdeka”.

Ketua dpm km fisip unsri, Hamdani Sumantri sebagai pindangtar kedua memberikan poin of information bahwa jalannya sidang harus tetap mematuhi peraturan yang telah dibuat pemerintah ogan ilir berkaitan dengan larangan merokok dan membuat kericuhan dikompleks perkantoran pemerintah ogan ilir. Namun delegasi yang memberikan opsi tetap menolak point of information tersebut.

Dpm km fisip unsri menyatakan jika aturan dilanggar maka dpm km fisip unsri sebagai tuan rumah memilih untuk membubarkan acara tersebut dengan pertimbangan etika dan moral mahasiswa. Namun, peserta sidang berikukuh dengan opsi dan terjadi perdebatan.

Kemudian pindangtar 1 yang berasal dari Unimal bernama Suriadi menskorsing acara tersebut selama 10 menit. Setelah di skorsing selama 10 menit dari kejadian yang ada dilapangan beberapa delegasi memilih untuk walk out dari forum yang sedang berlangsung. Melihat ketidakkondusifan peserta dalam mengikuti agenda sidang. Maka DPM KM FISIP UNSRI membubarkan acara musyawarah FLMFS yang sedang berlangsung.

 

PERNYATAAN SIKAP DPM KM FISIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Forum Legislatif Mahasiswa Fisip se-Sumatera adalah forum yang mewadahi lembaga legislatif  mahasiswa di perguruan tinggi di berbagai provinsi di Sumatera. Tujuan terbentuknya forum ini adalah mengakomodir kebutuhan berbagai lembaga legislatif mahasiswa dalam rangka membahas isu-isu terkini di Indonesia khususnya di pulau Sumatera.

Tuan rumah FLMFS kedua telah di putuskan ketika forum FLMFS pertama yang dilaksanakan di Universitas  Jambi dimana forum menyepakati bahwa tuan rumah FLMFS selanjutnya dilaksanakan di Universitas Sriwijaya, dan pada tahun 2018 tepatnya pada tanggal 12 s/d 15 April 2018 FLMFS ke dua dilaksanakan di Universitas Sriwijaya. Persiapan penyelenggaraan telah dimulai sejak awal Januari 2018, melalui kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan selaku penyedia fasilitas berupa sarana dan prasana pendukung kegiatan.

Delegasi yang hadir dalam forum tersebut terdiri dari 30 delgasi dari 11 universitas dengan rincian sebagai berikut :

4 delegasi dari usu, 2 delegasi dari univ islam riau, 2 delegasi dari unsyiah, 1 delegasi dari umrah, 3 delegasi dari utu, 2 delegasi dari unimal, 3 delegasidari unmura, 2 delgasi dari unja, 5 delegasi dari universitas riau, 1 delegasi dari universitas bangka belitung dan 5 delegasi dari universitas sriwijaya.

Sejak awal penyelenggaraan FLMFS ke-2 DPM KM Fisip Unsri telah menyediakan seluruh fasilitas yang dibutuhkan oleh delegasi dimulai penjemputan hingga akomodasi penginapan. Akan tetapi, pada tanggal 13 april 2018, disaat rangkaian acara sidang musyawarah dimulai dan sudah membahas tata tertib sidang, terjadi kericuhan dimana ada beberapa peserta delegasi yang mengopsikan agar didalam forum beberapa delegasi tersebut diperbolehkan untuk bebas merokok didalam forum dan bebas tidur disaat forum berlangsung.

Melihat beberapa universitas menyepakati opsi tersebut maka pihak panitia FLMFS merasionalisasikan agar opsi tersebut ditinjau ulang dan dibatalkan mengingat forum tersebut sebagai wadah mahasiswa yang intelektual dan menjaga etika dalam musyawarah. Terlebih lagi kegiatan ini dilaksanakan di aula pemerintahan Ogan Ilir yang sedang dalam sosialisasi Perda larangan rokok di area tersebut. Untuk menenangkan situasi maka forum tersebut di skorsing hingga 10 menit. Setelah di skorsing selama 10 menit dari kejadian yang ada dilapangan beberapa delegasi memilih untuk Walk Out dari forum yang sedang berlangsung. Sehingga dengan tegas langkah yang dilakukan oleh panitia sebagai berikut :

 

  1. Membubarkan sidang musyawarah FLMFS 2018 dikarenakan perserta sidang yang tidak lagi kondusif.
  2. Menyatakan bahwa kegiatan tetap berlanjut sesuai dengan rundown dalam proposal meskipun sidang tidak dilanjutkan.
  3. Tetap memberikan akomodasi kepada delegasi hingga agenda berakhir.
  4. Panitia telah beritikad baik dengan memulangkan kembali peserta ke penginapan dengan syarat peserta tetap mengikuti rangkaian acara yang telah disusun oleh panitia terkecuali memfasilitasi sidang lanjutan.
  5. Disebabkan kepengurusan FLMFS 2017 yang tidak mengkordinir aliansi tersebut sejak dilaksanakannya sidang dan tujuan forum yang telah menyimpang dari etika mahasiswa maka DPM KM fisip Unsri resmi menyatakan membubarkan FLMFS hingga selanjutnya dimulai sejak pembubaran Forum pada tanggal 13, April 2018

 

Demikian rillis ini kami buat dengan berlandaskan nama baik, etika, dan profesionalitas pihak penyelenggara FLMFS 2018.

Terimakasih.

 

ttd. DPM KM Fisip Unsri

Hamdani Sumantri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *