Dipenghujung Tahun 2017, Pemuda Bayung Lencir Gelar Aksi Bela Palestina

Berita Daerah

Selasarsumsel.id_Gerakan kepedulian dalam rangka membela Palestina ternyata masih belum surut juga sampai hari ini. Tercatat masih banyak sekali komunitas, organisasi masyarakat bahkan gerakan-gerakan pemuda didaerah terus saja menunjukan kepedulianya kepada saudara muslim di Palestina melalui aksi – aksi doa bersama maupun aksi penggalangan dana.

Pembacaan pernyataan sikap didepan kantor camat bayung lencir, Musi banyuasin( Dok. selasarsumsel.id )

Kamis 28 desember 2017, sekumpulan pemuda dan para tokoh masyarakat dan tokoh agama Bayung lencir kembali melakukan aksi sebagai bentuk dukungan moril terhadap Palestina juga sebagai bentuk nyata kepedulian rakyat Indonesia khususnya Bayung lencir terhadap fenomena kedzholiman yang terus saja menimpa Palestina.

Hamdani Sumantri sebagai Koordinator aksi ketika dihubungi selasarsumsel.id menyampaikan bahwa, aksi ini juga bertujuan untuk kembali menghidupkan semangat pemuda muslim.

Diharapkan dengan adanya Aksi Peduli Palestina ini dapat menjadi momentum kebangkitan semangat pemuda muslim Indonesia untuk terus responsif terhadap isu global dunia Islam “ Hamdani menjelaskan (28/12).

Dalam aksi yang dilaksanakan didepan kantor Camat Bayung lencir iitu,sedikitnya ada tujuh poin pernyataan sikap yang dibacakan oleh koordinator aksi berikut poin-poin sikap nya:

Aksi “Pergerakan Pemuda Bayung Lencir Peduli Palestina” yang kami selenggarakan ini adalah suatu bentuk keprihatinan kami sebagai pemuda Muslim Kecamatan Bayung Lencir terhadap kondisi yang terjadi di Palestina. Dalam aksi ini kami sepakat Menyatakan sikap  diantaranya :

  1. Menolak dan mengutuk keras keputusan Presiden Donald Trump yang mengakui dan menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.
  2. Mendukung Keputusan PBB dan OKI yang telah mengadakan pertemuan khusus dan menolak keputusan Presiden Donald Trump tersebut.
  3. Mengutuk tindakan Israel yang masih terus melakukan tindak kekerasan terhadap warga Palestina.
  4. Mendukung sikap pemerintah Indonesia yang menolak keputusan Presiden Donald Trump.
  5. Mengakui dan menyatakan kemerdekaan Palestina dengan jerusalem (Al-Quds) sebagai ibu kotanya.
  6. Menghimbau kepada kaum Muslim untuk selalu dalam satu barisan memperjuangkan palestina.
  7. Menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama kecamatan Bayung Lencir untuk melakukan Boikot terhadap seluruh produk Amerika dan Israel yang beredar di Indonesia.
  8. Mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap selalu terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan Aksi Peduli Palestina.
Pemuda Bayung lencir mengecam keras kekarasan yang sampai saat ini masih dialami warga palestina (Dok. selasarsumsel.id)

Selain melakukan aksi pencerdasan dan pembacaan sikap yang dilakukan didepan kantor camat bayung lencir, massa aksi juga melakukan penggalangan dana yang dilaksanakan di taman Bayung Lencir yang berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 7000.000,-.

“ Penggalanglangan dan pada hari ini terkumpul dana sebanyak Rp. 7.000.000 dan besok kami akan melanjutkan aksi penggalangan dana lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal “ Hamdani merincikan.

Aksi ini sendiri dimulai pada pukul 10.30-12.00 Wib berupa Pernyataan sikap dikantor camat Bayung Lencir yang dilanjutkan dengan Penggalangan dana di Taman Bayung Lencir pada pukul 13.00-16.00 Wib. Aksi ditutup dengan doa dan massa membubarkan diri dengan tertib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *