Bukanya Diapresiasi, Pemain Bola Yang Bermain Di Luar Negeri Justru Akan Dicoret Dari Timnas

Bola
Hasil gambar untuk edy rahmayadi
Ketum PSSI Edy Rahmayadi (source: fondom.id)

Bahasan tentang sikap kontroversial  ketua umum PSSI Edy Rahmayadi terkati pandangnya mengenai pemain Indonesia yang bermain di luar negeri belum juga usai. Edy Rahmayadi pernah menyampaikan kegeramanya kepada pemain timnas U23 yang memilih bermain diluar negeri, ia menganggap pemain tersebut tidak nasionalis dan mta duitan.

Pernyataan ini menyusul kabar yang menyatakan bahwa Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn telah melakukan teken kontrak dengan Selangor FA salah satu tim kasta tertinggi Malaysia. Sikap ketua umum PSSI ini mengundang banyak respon dari kalangan pecinta sepakbola tanah air. Agen dari kedua pemain tersebut, Muly Munial, mengatakan hal yang dilakukan oleh PSSI merupakan contoh yang tidak baik. Muly menambahkan hal ini bisa menghambat karier pesepak bola Indonesia di Malaysia.

Hasil gambar untuk negri evan dimas dan ilham
Evan Dimasn dan Ilham udin (source : indosport.com)

Rahmad Darmawan yang merupakan pelatih anyar Sriwijaya FC memberikan pandangannya yang berbeda terkait pemain Indonesia yang bermain diluar negeri,

“Tentu yang pertama adalah pengalaman, hal itu tidak bisa dibeli dan sangat berharga. Mereka akan mendapat pelajaran dan kultur sepak bola yang berbeda. Jadi, saya pikir hal ini sangat positif sekali,” kata Rahmad Darmawan.

Beberapa tanggapan berbeda dari banyak kalangan tak menyurutkan sikap tegas dari Edy. Dilansir dari cnnindonesia.com, dalam sebuah acara Malam Penghargaan Liga 1 di Hotel Mulia pada Jumat (23/12) malam, bahkan Edy mengancam akan mencoret pemain Indonesia dari TImnas bagi mereka yang bermain diluar negeri.

“Semua ribut. Saya kalau semakin diributkan, semakin keras kepala,” ucap Edy.

“Jangan ada [pemain] yang keluar dari Indonesia, yang keluar Indonesia saya coret dari PSSI. Siapapun, kalau negara memanggil, tak boleh menolak. Kalau menolak, berarti pengkhianat bangsa,” ucapnya melanjutkan.

Sikap ketum PSSI yang keras terhadap pemain-pemain Indonesia yang bermain diluar negeri tentu ada positif dan negatifnya. Dengan pembatasan seperti ni tentu pemain Indonesia akan merasa terbatasi kesempatanya untuk mendapat pengalaman dan atmosfir yang berbeda bermain diluar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *