Bahas Perkembangan Demokrasi dan Peradaban, CDCS Undang Tokoh Muda Sumsel Ahmad Usmarwi Kaffah

Berita Daerah

Palembang, selasarsumsel.id – Perkembangan Demokrasi dan Peradaban selalu menjadi tema dan topik yang menarik untuk dibahas di setiap waktu. Sebab, perkembangan demokrasi selalu relevan dengan isu peradaban yang ada di masyarakat. Begitupun dalam lingkup domestik di dalam negara yang demokratis, tentu tidak akan pernah terlepas dari faktor peradaban masyarakat itu sendiri.

Hal inilah yang kemudian menjadi pembahasan dari lembaga CDCS (Center For Democration And Civilization Studies), yang menggelar diskusi ringan dalam bentuk audiensi infromal bersama tokoh muda Sumatera Selatan, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL. M.,LL. M., pada Selasa (05/02/2019) bertempat di kantor sekretariat CDCS yang berlokasi Jl. Joko, Talang Semut, Bukit Kecil Palembang.

Dalam pemaparan awalnya, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL. M.,LL. M., atau yang lebih akrab disapa Bang Kaffah, mengungkapkan kebahagiannya dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan Tim CDCS.

“Tentu, di awal saya sampaikan saya sangat senang dan berbahagia dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan tim CDCS. Saya datang dengan penuh persahabatan” ungkap pria yang saat ini mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sumsel II.

Kemudian, dalam sessi pemaparan materi selanjutnya ia banyak menceritakan bagaimana realitas perkembangan demokrasi dan peradaban yang ada di eropa dan dibandingkan dengan realitas yang ada di Indonesia.

Selanjutnya, salah satu tim peneliti CDCS, Rio Chandra Kesuma, dalam keterangannya juga mengungkapkan bahwa senyatanya pertemuan ini sangat bermanfaat dan kembali membuka wahana, wawasan dan cakrawala yang luas terhadap perkembangan demokrasi dan peradaban hari ini.

“Secara pribadi, tentu saya sangat apresiasi forum diskusi kali ini, begitupun juga tak lupa ungkapkan terima kasih kepada narasumber, bang kaffa yang sudah bersedia hadir memenuhi undangan dan berbagi cerita serta sharing pengalaman dengan kita” Ungkapnya.

“Bagi saya, tentu bang kaffa memiliki sudut pandang yang sangat aktual, jikalau berbicara perkembangan demokrasi dan studi peradaban hari ini, khususnya jika di komparasi dengan realitas yang ada di eropa. Sebab, beliau secara langsung mengalami dan melihat secara langsung bagaimana proses demokrasi yang ada di luar sana, dibandingkan dengan yang ada di dalam negeri. Overall, semuanya sangat relevan, up to date dan berkesan tentunya” lanjutnya.

Senada dengan hal tersebut, secara lebih lanjut, Rahmat Farizal, yang merupakan moderator acara diskusi, juga menyambut baik kedatangan tokoh Sumsel tersebut. Ia pun juga sangat apresiasi, meskipun acara diskusi internal tersebut tidak memiliki persiapan yang matang dan dalam suasana kesederhanaan, namun materi pembahasan yang dibicarakan cukup relevan, aktual serta bermanfaat.

“Ya, tentu meski tidak ada agenda dan jadwal khusus yang ditentukan namun kita sangat menyambut baik kedatangan bang kaffa yang sudah bersedia memenuhi undangan CDCS, dalam suasana kesederhanaan serta dalam serba serbi yang kurang, namun diskusi singkat ini sangat bermanfaat” Ungkap Rahmat (Ijal) sapaan akrabnya.

“Sebenarnya pertemuan ini pun, berlangsung cukup santai, hanya diisi obroran/sharing saja. Namun, tentu ada banyak hal – hal baru yang unik dan menarik yang dibahas, utamanya terkait dengan perkembangan demokrasi dan studi peradaban hari ini dari berbagai aspek/sisi” Lanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *