Anggota DPR/MPR RI Sri Meliyana : Penggunaan Sosial Media Yang Tidak Bijak Dapat Mengancam Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berita Daerah

OKU Timur, Sumsel, selasarsumsel.id – Era digital yang saat ini berkembang tentunya di satu sisi dapat memberi dampak negatif, dan di sisi lain juga memberi dampak positif. Maraknya penggunaan sosial media dalam berbagai bentuk, tampaknya kurang dicermati dan digunakan secara bijak oleh masyarakat pada umumnya. Banyaknya isu negatif, hoaks, serta prakata yang tidak baik seakan menjadi sesuatu hal yang wajar menghiasi media sosial saat ini.

Inilah yang tentunya menjadi salah satu perhatian anggota DPR/MPR RI Sri Meliyana, yang secara lugas menyoroti sisi negatif penggunaan sosial media di masyarakat, yang secara lebih jauh ia mengatakan bahwa hal tersebut dapat merusak tatanan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Tentu banyak hal yang dapat dilihat baik secara positif (konstruktif) maupun juga secara negatif dalam hal sosial media, namum penggunaan yang tidak bijak, dimana sosial media digunakan sebagai media caci maki (hinaan), memproduksi isu hoaks, dan hal negatif lainnya justru akan sangat kontraproduktif, dan secara lebih jauh dikhawatirkan dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, sangat jelas hal tersebut tidak mempersatukan” Ungkap Meli dalam sambutannya di saat mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Oku Timur, Martapura pada Sabtu (02/02/2019).

Kemudian secara lebih lanjut ia menjelaskan arti penting hadirnya nilai – nilai kebangsaan yang secara khusus tertuang di dalam 4 pilar kebangsaan, agar dapat menjadi filter sekaligus pondasi dalam struktur kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pada akhirnya menjadi tugas kita bersama, tidak hanya stakeholder terkait, untuk membumikan pancasila dan nilai – nilai kebangsaan lainnya yang ada di dalam 4 pilar kebangsaan, agar dapat memperkokoh struktur kehidupan bermasyarakat dan bernegara, khususnya pada aspek persatuan bangsa di tengah arus modernisasi, digitalisasi serta maraknya penggunaan sosial media di dunia maya saat ini” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *